Jumat, 09 September 2011

IBARAT AIR DI DAUN KELADI

Ibarat air di daun keladi merupakan satu bait lagu dan merupakan suatu kiasan yang bermakna. Di sini kita tidak akan menela’ah makna kiasannya tapi yang akan kita tela’ah adalah sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan bait lagu di atas, yaitu kenapa air di daun keladi tidak datar padahal dia merupakan zat cair.

Ternyata air di atas daun keladi mencembung disebabkan oleh gaya tarik menarik antara molekul sejenis (molekul air dengan dengan molekul air) lebih besar dari gaya tarik menarik antara molekul tak sejenis(molekul air dengan molekul epidermis daun keladi).

Permukaan epidermis atas daun keladi yang dilapisi dengan lapisan lilin yang disebut dengan Kutikula yang berfungsi untuk melindungi jaringan bawah daun keladi dari air hujan/embun agar tidak hancur atau membusuk.

Lapisan kutikula inilah yang menyebabkan kecilnya gaya tarik menarik antara molekul air dengan molekul daun keladi dibandingkan dengan gaya tarik menarik antara molekul air dengan molekul air(sesama molekul air).

Gaya tarik menarik antara molekul air dengan molekul air merupakan salah satu contoh kohesi sedangkan gaya tarik menarik antara molekul air dengan molekul daun keladi adalah salah satu contoh adhesi yang terjadi dilingkungan kita sehari-hari.

By :

Syapriadi, S.Pd

Betapa besarnya kekuasaan Allah dan betapa lebih

luasnya ilmu Allah. Semoga kita tetap dalam

lindungannya. Amin-amin ya Rabbal’alamin.



Rounded Rectangular Callout: KESIMPULAN : Kohesi adalah gaya tarik menarik antara molekul sejenis.  Adhesi adalah gaya tarik menarik antara molekul tak sejenis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar